FKIP Gelar Workshop FGD dan Narrative Inquiry Bersama Pakar dari University of Gloucestershire, UK
21 Juli 2025 — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Workshop and FGD Methodology and Narrative Inquiry Facilitators yang menghadirkan dua narasumber dari University of Gloucestershire, UK: Dr. Alex Masardo dan Maria Meredith. Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium FKIP, Kampus 2 UAD, dan diikuti oleh para dosen serta mahasiswa program magister, khususnya dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika (MPMAT), Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI), Management Pendidikan (MP) dan Sastra Inggris S1.
Workshop ini dibuka secara resmi oleh Bu Ida Puspita, S.S., M.A.Res. dan dilanjutkan sambutan dari Dr. Ani Susanti, M.Pd.B.I., sebagai Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum FKIP UAD. Kegiatan inti kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para narasumber mengenai pendekatan metodologi Focus Group Discussion (FGD) dan Narrative Inquiry dalam penelitian kualitatif. Kedua narasumber membagikan pengalaman mereka dalam memfasilitasi FGD dan menerapkan pendekatan naratif dalam berbagai proyek riset pendidikan di Inggris.

Dr. Alex Masardo, University of Gloucestershire, UK
“Focus Group Discussion and Narrative Inquiry are not just research methods—they are powerful tools to understand voices, experiences, and meanings in education. Facilitating them with care opens up rich, authentic insights.”
— Dr. Alex Masardo, University of Gloucestershire, UK
Sebagai bagian dari praktik langsung, peserta juga diajak mengikuti simulasi singkat pelaksanaan FGD di akhir sesi, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kontekstual sekaligus meningkatkan keterampilan praktis dalam mengelola diskusi kelompok terfokus.

Maria Meredith, University of Gloucestershire, UK
“In narrative inquiry, we don’t just collect stories—we honour them. Every participant’s voice matters, and every experience deserves to be understood in its own context.”
— Maria Meredith, University of Gloucestershire, UK
Workshop ini bertujuan untuk memperluas wawasan dosen dan mahasiswa terkait metodologi kualitatif, khususnya dalam penggunaan FGD dan Narrative Inquiry sebagai pendekatan yang kuat dalam mengeksplorasi pengalaman, persepsi, dan konstruksi makna dalam konteks pendidikan. Kegiatan ini juga menjadi ajang kolaboratif dan inspiratif dalam pengembangan kapasitas riset di lingkungan FKIP UAD.