MPBI Kirim Peserta Pelatihan Pengelolaan Sistem Informasi Akademik

Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan pelatihan pengelolaan evaluasi studi pada program sistem informasi akademik bagi seluruh staf program studi S2.  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 13 Juli 2017 bertempat di Laboratorium Riset Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan kampus 3.

Opening sekaligus pemandu acara oleh Danang Sukantar, M.Pd. Kepala Kantor Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan. Beliau menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya pelatihan ini data-data mahasiswa Program  Pascasarjana akan lebih valid dan terkelola dengan baik sehingga pelayanan prima yang diharapkan oleh stakeholder yang diberikan oleh para staf akan lebih meningkat. Direktur Program Pascasarjana UAD Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M. Sc., Apt. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini dan berharap seluruh staf program studi dapat belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan sistem informasi yang ada khususnya dalam pengelolaan data evaluasi studi sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dari Program Pascasarjana itu sendiri.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pelatihan oleh Muhammad Akhsan, S. Kom. dan Sugriyono, S. Kom. Selain diberi modul pelatihan yang berisi tata cara pemanfaatan menu evaluasi studi pada program sistem informasi akademik, peserta juga diajarkan praktek langsung. Dalam pelatihan ini juga dikemukakan kendala-kendala yang dihadapi selama ini dalam mengelola data mahasiswa yang ternyata sangat kompleks sehingga diharapkan kerjasama dari semua pihak untuk mengurangi bahkan menghilangkan kendala-kendala tersebut sehingga terciptanya sistem informasi akademik yang baik.

“Pelatihan ini disiapkan dan dikemas dengan sangat baik. Kami berdua kaget. Semoga dengan keseriusan dalam penyelenggaraan pelatihan akan berimbas dalam keseriusan dalam pengelolaan evaluasi studi (ES) oleh staf,” Sugriyono mengharapkan. Sugri demikian panggilannya melanjutkan “Kunci keberhasilan program ini adalah jika proses transaksi akademik dari mulai KRS, Nilai, Kurikulum, Tugas Akhir, sampai dengan Proses Kelulusan ter-update  dengan baik”.

Wintolo staf dari Magister Pendidikan Bahasa Inggris mengenkuti pelatihan dengan sangat antusias dan menyampaikan bahwa program ini sangat membantu dan akan memudahkan bagi staf dalam mengelola program sistem informasi akademik khususnya terkait evaluasi akademik.

“Biasanya harus entry secara manual, melakukan pengecekan satu persatu, kroscek dokumen satu dengan lainnya, tetapi dengan program ini tinggal klik maka data sudah didapat dengan sangat cepat. Terima kasih untuk Biskom, BAA, maupun Pascasarjana yang sudah menginisiasi program ini,” kata Wintolo peserta pelatihan dari Magister Pendidikan Bahasa Inggris. (dsk, hsn).

Comments are closed.